Sosial Share Rumus Utama Dalam Marketing Yang Harus Diterapkan
Tuesday, September 1, 2015
Edit
Sosial Share Rumus Utama Dalam Marketing Yang Harus Diterapkan
Social
share menjadi salah satu tolak ukur apakah produk / konten Anda dikenal di
internet. Mengingat lebih banyak orang yang menghabiskan waktu di social media
maka menarik perhatian mereka di sana adalah cara yang efektif untuk pemasaran
bisnis Anda di internet. Namun, bagaimana bisa sampai seseorang men-share
konten Anda? Tentu saja ada beberapa kriterianya. Apa saja itu?
![]() |
| Rumus Marketing |
Beberapa Tips Untuk
Meningkatkan Social Share Untuk Marketing
:
1. Konten yang Panjang
Memang
banyak netizen yang lebih menyukai konten pendek untuk dibaca ketimbang harus
menghabiskan waktunya membaca konten panjang. Namun, konten panjang yang
disertai riset mendalam jauh lebih mengena pada pembaca. Tahukah Anda bahwa
sebagian besar netizen ternyata menyukai sesuatu yang menantang intelektualitas
dan mereka bangga men-share-nya, meski mereka senang pula dengan meme lucu
untuk di-share.
Nah,
di sinilah letak keunggulan Anda ketika menulis artikel panjang, apalagi
disertai riset mendalam. Peluang besar ada di tangan Anda karena ternyata
memang sedikit yang menciptakan konten mendalam. Kebanyakan web sering kali
hanya menyajikan artikel pendek kalau tidak bisa dikatakan ‘seadanya’.
2. Menggunakan Gambar
Tidak
ada yang memungkiri bahwa gambar menjadi satu pemikat bagi netizen. Mengapa?
Ini karena gambar menjadi gambaran bagi pembaca bahkan sebelum mereka membaca
artikel yang Anda sediakan. Gambar pada artikel yang panjang juga membuat
artikel Anda tidak terkesan monoton. Tips: Anda bisa menggunakan tidak hanya
gambar tetapi juga gambar berupa infographic.
Tidak
hanya menampilkan gambar pada artikel Anda tetapi bisa juga disisipkan di
posting Twitter dan#media sosial lainnya yang bisa menyisipkan gambar. Ini
karena orang-orang senang melihat share link yang menggunakan gambar karena..
ya itu tadi mereka mendapatkan ‘gambaran’. Oleh karena itu, tidak ada salahnya
untuk berupaya mencari gambar yang menarik (tapi tentunya harus sesuai dengan
artikel Anda ya).
3. Konten yang
Menginspirasi dan Menghibur
Konten
yang panjang sekalipun tidak harus identik dengan bahasa yang kaku dan tipe
penulisan yang cenderung membuat dahi mengernyit. Mengapa seseorang senang
membagi konten yang menginspirasi dan menghibur? Karena memiliki value ke teman
mereka, menunjukkan pada orang lain kalau mereka punya selera besar dan juga
memancing reaksi orang lain.
Penulisan
tentang topik yang berat namun bisa disajikan dengan cara menginspirasi dan
menghibur tentu terlihat lebih elegan, bukan?
4. Konten yang Dapat
Dipercaya
Konten
yang kadang tidak dapat dipercaya dan bermutu rendah saja masih ada yang
men-share, apalagi konten yang terlihat bisa dipercaya! Memang di Facebook,
kepercayaan tidak begitu diperhatikan. Tetapi, di social media seperti Twitter,
Google+ dan LinkedIn sering kali didominasi oleh para profesional sehingga
konten yang dipercaya cenderung lebih disukai dan diperhatikan.
Tips:
Anda bisa mencantumkan bio di bagian awal ataupun akhir artikel agar artikel
Anda lebih terlihat profesional.
5. Influencer
Meningkatkan
social share tentu saja menggunakan mereka yang ada di social media pula. Yap!
Salah satu caranya adalah menggunakan para influencer. Logikanya seperti ini:
ketika Anda membagikan konten dan ada netizen yang men-share-nya maka tentu
saja follower dari netizen tersebut melihat konten Anda. Hal ini tentu saja
berpotensi untuk menjadi viral karena follower dari follower Anda membagikan
konten Anda.
Melihat
hal ini, penggunaan influencer yang tentu saja memiliki banyak follower dan
follower mereka memiliki minat terhadap influencer tersebut menghasilkan efek
lebih lagi, bukan? Sebagai contoh, apabila konten Anda dibagikan oleh artis,
sudah bisa dipastikan akan meningkatkan social share. Namun, dengan influencer
Anda sesuai dengan konten Anda.
6. Promosikan Lagi
Konten Lama
Pastinya
setelah kita membagikan konten baru, social share yang terjadi akan terjadi
hanya dalam beberapa waktu. Lama-kelamaan orang-orangpun akan lupa dan beralih
pada artikel baru lainnya. Promosikan kembali konten lama Anda! Tentu saja
konten yang memang tidak ‘expired’ ya, alias konten yang memang bisa berguna
untuk selamanya.
Meningkatkan
social share tentu saja butuh effort lebih, tidak hanya sembarang saja. Kita
tentu tidak mau bermain ‘untung-untungan’, bukan? Buatlah konten Anda
SEMENARIK mungkin untuk merebut
perhatian dari banyak orang.
Related Posts
