Beberapa Strategi penting Agar Pemasaran Tepat Sasaran Dan Ampuh
Beberapa Strategi penting Agar Pemasaran Tepat Sasaran Dan Ampuh
Berbicara
mengenai strategi pemasaran modern, saat ini memang telah terjadi perubahan
besar dalam dunia bisnis. Media promosi adalah salah satu hal yang mengalami
perubahan drastis. Semakin dekatnya dunia maya dengan kehidupan sehari-hari
kita, membuat era digitalisasi tidak bisa kita hindari. Mau tak mau kita harus
mengikuti perkembangan ini jika ingin memenangkan pasar. Kalau kita tidak mengikuti
perkembangan teknologi yang ada, sudah pasti kita akan tergerus secara
perlahan.
Suka
tidak suka, trend pemasaran dengan menggunakan media digital memang harus
dihadapi. Trend marketing yang dikenal dengan trend web 2.0 kini berkembang
dengan pesat. Belum lagi gempuran media sosial yang setiap hari semakin banyak
pengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari, membuat perubahan dalam mencari
informasi. Jika dulu berinteraksi dengan orang lain hanya dilakukan dengan
beberapa cara saja, kini dengan kehadiran teknologi 2.0 telah membuat moda
komunikasi ini bisa berubah dengan drastis.

Memahami Strategi Penting Untuk Pemasaran Modern
Dengan
adanya perubahan pencarian informasi dan juga acara berkomunikasi dengan orang
lain ini, tentunya strategi pemasaran juga mengalami perubahan. Kalau kita bisa
memahami trend saat ini dan mampu memanfaatkannya, maka kita akan bisa
memenangkan pasar dengan mudah.
Dengan
trend yang sudah kita pahami tadi, kita bisa meraba bagaimana strategi
pemasaran modern yang paling pas untuk digunakan. Ada beberapa perubahan
strategi pemasaran yang terjadi saat ini. Perubahan-perubahan itu sudah kami
rangkum dalam beberapa poin di bawah ini:
1. Perubahan Kebiasaan
Konsumen
Dahulu
meletakkan iklan di media cetak dan elektronik sangatlah berpengaruh terhadap
penjualan sebuah produk. Pada zaman itu memang televisi dan media cetak seperti
koran adalah sumber informasi yang bisa mereka dapatkan. Sehingga masih banyak
orang yang melihat televisi ataupun koran.
Lalu
bagaimana dengan kondisi saat ini? seiring perkembangan teknologi di dunia maya
yang didukung dengan gadget yang semakin mumpuni, perilaku masyarakat tersebut
juga mengalami perubahan.
Tepatnya
sejak tahun 2007, banyak orang menggunakan internet sebagai tempat untuk
mendapatkan informasi. Semakin ke depan jumlah penduduk yang menggantungkan
internet sebagai sumber informasi semakin banyak pula. Maka tak heran jika
media cetak seperti koran sudah mulai ditinggalkan. Dari perubahan inilah yang
membuat strategi pemasaran kini beralih ke dunia online.
2. Media Online Mulai
Mendominasi
Seiring
perubahan perilaku masyarakat yang menggantungkan informasi dari dunia maya,
maka strategi pemasaran di internet mulai berkembang. Di awal tenarnya
penggunaan internet sebagai media untuk promosi yaitu tahun 2007, media online
belum bisa mengalahkan iklan yang ada di media elektronik maupun media cetak.
Namun
di tahun 2012, perubahan besar telah terjadi. Mengutip dari situs eMarketer,
pada tahun 2012, terjadi untuk pertama kalinya di Amerika Serikat iklan di
dunia maya mampu mendatangkan keuntungan jauh lebih banyak dibandingkan dengan
iklan yang dipasang di media cetak dan elektronik.
3. Brand Ambassador dari Artis yang Mulai tergantikan
Dahulu
mendapuk seorang artis cantik atau tampan sebagai brand ambassador sebuah
produk mampu menarik minat masyarakat untuk membeli sebuah produk. Walaupun
kini masih dilakukan, ternyata mulai ada perubahan yang perlahan namun pasti
menggeser fungis ambassador ini.
Di
dunia maya seleb blog, selebtwit serta jumlah likes di facebook dengan jumlah
yang fantastis menjadi influencer bagi para konsumen. Mereka lebih menaruh
pekercayaan kepada orang-orang itu jika mengulas sebuah produk. Bahkan
kepercayaan itu lebih besar dibandingkan dengan menggunakan wajah cantik atau
gantik artis Indonesia yang dipajang di iklan TV.
4. Community Talks yang Semakin Efektif
Menyalakan
televisi sebagai media hiburan memang tidak sepenuhnya ditinggalkan. Hanya saja
media masa ini masih kalah dibandingkan dengan media online. Akun media sosial
seperti facebook dan twitter menjadi tempat untuk menjalin komunikasi.
Jika
ada banyak orang yang membicarakan satu produk, maka kita akan tertarik untuk
mengetahuinya dan ikut-ikutan untuk berkomentar. Sudah banyak contoh produk
yang terkenal karena pembicaraan di media sosial, padahal iklan yang mereka
pasang di media elektronik tidak begitu menarik untuk dilihat.
5. Terjadinya Komunikasi Dua Arah di Dunia Marketing
Dahulu
dalam dunia pemasaran, kita akan lebih banyak berbicara. Kondisi ini kini tidak
berlaku lagi, karena kita harus mengimbangi berbicara dengan mendengarkan apa
yang konsumen inginkan. Dengan mendengar itulah kita bisa mendapatkan feedback
sebagai bahan perbaikan produk itu ke depan.
Itulah
tadi beberapa perubahan dari strategi pemasaran modern. Mau tak mau, suka tak
suka, kita memang harus mengikuti perubahan itu, karena pada dasarnya perubahan
adalah suatu hal yang kekal.
0 Response to "Beberapa Strategi penting Agar Pemasaran Tepat Sasaran Dan Ampuh"
Post a Comment